Kamis, 11 Juni 2009

Bertahan dengan zaman - edisi 2 - Pat Nyiet Pan


Perayaan Pat Nyiet Pan ( tanggal lima belas bulan delapan tahun lunar) - Zhong Qiu- 中秋節-Mid Autumn Festival - tahun ini jatuh pada tanggal 3 Oktober hari sabtu

Dulu , 40 tahun lalu , masih banyak orang Cina Bangka sembahyang bulan pada tanggal 15 bulan delapan tahun lunar , sekarang tradisi itu mulai pudar seiring dengan perkembangan jaman .

Latar belakang tentang bulan , kami sajikan secara singkat :

Pertama . Tradisi sembahyang bulan .

sebelum Dinasty Qin 221-206 SM masyarakat Cina sudah mengenal sembahyang bulan , rasa syukur kepada dewa yang telah memberikan berkah kepada manusia berupa hasil panen , karena hasil panen jatuh setelah tanggal tersebut. Orang orang merayakan pesta panen yang menandai kepercayaan bahwa “alam dan manusia adalah satu” . Hubungan antar manusia dengan Tuhan dengan kebajikan , dengan kebajikan akan membawa berkah yang melimpah bagi manusia. Sembahyang bulan ada yang mengartikan sembahyang syukur kepada Bumi , yang memberikan penghidupan kepada manusia melalui hasil bumi , tradisi ini sudah berlangsung lebih dari 2000 tahun lalu.


Kedua .Kisah Dewi Bulan ( Chang e ).

Konon menurut dongeng , dahulu kala ada 10 matahari menerangi dan mempengaruhi ekosistim bumi . Tetapi suatu hari ke 10 matahari ini muncul bersamaan , melihat hal tersebut , maka Dewa Hou Yi memanah nya , membuat Dewa Langit marah dan menghukum Hou Yi dan Chang e istrinya dengan menjadikan mereka sebagai manusia biasa . Tetapi lama lama dibumi membuat Hou Yi menjadi tinggi hati dengan kepandaiannya dan sikapnya menjadi berubah . Suatu hari Hou Yi menemukan obat awet muda , dan ingin Chang e menjadi kekasih abadi , konon Chang e bersedih hati atas perubahan sikap Hou Yi , sedangkan Hou Yi tak lama kemudian dibunuh oleh muridnya sendiri Feng Meng , maka diminumlah obat tersebut . Chang e kemudian terbang kembali ke langit sendirian . Legenda Chang e telah berlalu , selama perayaan ini , orang selalu memandang bulan seolah olah ada seorang dewi sedang menggendong kelinci .

Ketiga. Tradisi makan kue bulan

Dengan berakhirnya Dinasti Song , orang orang Mongol menguasai Cina dari tahun 1206 M- 1368 M dan mendirikan dinasti Yuan . Untuk merebut kembali dari Mongolia , maka pada suatu hari , Zhu Yan Chang mengedarkan pesan bahwa pada malam Zhong Qiu untuk membantu membunuh suku Tar Tar yang mana pesan tersebut dimasuki kedalam kue bulan dan dibagi bagikan. Maka bertepatan tanggal tersebut 9 September 1368 M , bangsa Cina dapat merebut kekuasaan itu kembali dan mendirikan dinasti Ming ( 1368-1644) . Dari disitulah kebiasaan makan kue bulan di mulai .


1 komentar:

Helen Muliadi mengatakan...

Semoga kue bulannya tidak dicampur formalin supaya kuenya makin awet, bertahan lama, bisa berminggu - minggu.