Jumat, 17 Juli 2009

Catatan perkembangan pimpinan Budi Mulia

-Tahun 1926 hanya kenal pemimpinan setempat dan belum ada Yayasan.

-Tahun 1930 didirikan,” Lourdes-Stiching “ (Yayasan Lourdes) .

-Tahun 1940 diganti dengan Glorieux- Stiching, yaitu yayasan Glorieux sebagai badan Hukum.

-Setelah kemerdekaan pada tahun 1951 diganti pula menjadi yayasan Budi mulia , baik untuk Kongregasi maupun Yayasan sekolah .

-Tahun 1958 dipisahkan Yayasan Budi Mulia menjadi dua badan tersendiri yang satu Kongresasi dan yang satu lagi untuk karya tetapi dengan nama sama ,”Budi Mulia’’

-Tahun 1972 dengan akte baru ,” Glorieux- Stichting’’ yang telah menjadi Yayasan Budi Mulia ,dirubah nama menjadi ,” Kongregasi Budi Mulia ‘’ yang mempunyai suatu Yayasan untuk karya karya yang bernama Yayasan Budi Mulia.

-Hubungan dengan pimpinan umum juga berkembang ,pada tahun 1938 diangkat seorang superior yang menjadi pemimpin regio dan regio itu masih berkaitan dengan provincial di negeri Belanda dan melalui pimpinan itu berhubungan dengan pimpinan umum.

-Pada tahun 1959 kumpulan bruder di Indonesia menjadi provinsi tersendiri langsung di bawah pimpinan umum. Provinsi Indonesia memilih badan pimpinan nya sendiri yang dinamai Kapitel provinsi. Kapitel provinsi itu memilih Dewan Pimpinan Provinsi nya yang di ketuai seorang provincial dan melaksanakan tugas dibawah Kapitel provinsi.

Kapitel provinsi juga memilih tiga wakil Indonesia untuk Kapitel umum badan tertinggi.

Dengan demikian provinsi Indonesia menjadi lengkap.

Tidak ada komentar: